Cara Bermain Golf Untuk Pemula

grac-athletisme.com – Cara Bermain Golf Untuk Pemula

Sebelum masuk ke pembahasan cara bermain golf untuk pemula, kami berikan informasi singkat mengenai apa itu golf. Golf adalah permainan luar ruang yang dimainkan secara perorangan atau tim yang berlomba memasukkan bola ke dalam lubang-lubang yang ada di lapangan dengan jumlah pukulan tersedikit mungkin. Bola golf dipukul dengan menggunakan satu set tongkat pemukul yang disebut klab (stik golf).

Golf adalah salah satu dari permainan yang tidak memiliki lapangan permainan yang standar, melainkan dimainkan di padang golf yang masing-masing memiliki desain unik, dan biasanya terdiri dari 9 atau 18 hole (lubang). Aturan utama dalam golf adalah “memainkan sebuah bola dengan stik golf dari daerah tee (teeing ground) ke dalam lubang dengan satu pukulan atau beberapa pukulan berikutnya sesuai dengan Aturan”.

Untuk lebih jelasnya kami akan membagikan dasar-dasar permainan golf yang wajib sobat Ourena ketahui, kami sudah merangkumnya menjadi 3 yaitu:

1. Tujuan Permainan Golf

Pertama sobat Ourena wajib untuk mengetahui tujuan dari permainan golf, yaitu untuk memukul bola kecil ke dalam lubang dengan pukulan sesedikit mungkin dari alat pemukul. Pada umumnya jumlah lubang ada 9 atau 18 yang dimainkan dan hasil akhirnya akan dihitung sesudah pemain yang terakhir memasukkan bola ke dalam lubang terakhir.

2. Cara Mendapatkan Skor

Cara bermain golf yang kedua yang perlu sobat Ourena ketahui adalah dalam permainan golf, skor lebih kecil akan lebih baik ya. Pemain golf mendapat poin 1 disetiap memukul bola menggunakan tongkat golf. Yang berarti pemain yang bisa memasukkan bola golf ke tiap lubang cukup dengan sedikit pukulan maka itu akan menjadi pemenangnya.

3. Mengenal Lapangan Golf

Selanjutnya Sobat Ourena wajib mengenal bagian-bagian dari lapangan golf. Setiap lapangan golf terdiri dari 5 dasar bagian-bagian, termasuk juga tee box. Nih Rena berikan bagian lain dari lapangan golf sebagai berikut:

– Fairway merupakan bagian dari lapangan yang rumputnya dipangkas pada antar tee box dan green

– Harsh merupakan location yang memiliki rumput luar atau kurang dipangkas yang akan membatasi fairway

– Placing green. Putting green atau eco-friendly merupakan lokasi lubang pada tiap fairway

– Risk juga biasa disebut jebakan (trap) danger merupakan elemen yang memang sengaja diletakkan dan dirancang khusus untuk menjadikan sulit bola golf keluar

– Threat yang sudah biasa diletakkan termasuk jebakan pasir atau juga genangan air.

Teknik Melakukan Swing Sempurna Untuk Pemula

Setelah Sobat Ourena mengerti 3 hal dasar dalam permainan golf di atas, sekarang Rena akan lanjut membahas mengenai teknik swing yang baik dan benar. Berikut ini ada beberapa pointers yang bisa Sobat Ourena terapkan untuk memperoleh swing yang sempurna yaitu:

1. Atur Posisi Badan

Tips yang pertama adalah mengatur posisi badan agar seimbang dan kokoh. Saat memukul bola, pastikan bahwa kuda-kuda atau pijakan kaki Anda cukup kuat sehingga badan jadi seimbang. Dalam posisi yang seimbang, pemain bisa merasakan perpindahan tumpuan berat badan dari kanan ke arah kiri pada saat melakukan drop-off. Sebagai poros untuk berotasi, punggung pemain harus dalam keadaan tetap, tidak berubah posisi ketika melakukan pukulan

2. Berlatih Back dan Down

Untuk melancarkan gerakan swing, pemain perlu melakukan latihan back dan down. Gerakan back merupakan gerakan memutar badan sejauh 90 derajat dari target pukulan. Gerakan ini menyerupai gerakan seolah-olah akan memukul bola. Kemudian lakukan gerakan down dengan memutar kembali hingga posisi badan 90 derajat ke arah yang berlawanan.

3. Mendapatkan Really Feels Pukulan

Tips selanjutnya adalah mendapatkan “really feels” pukulan. Salah satu cara untuk mendapatkan “feels” dalam bermain golf yakni dengan melakukan pukulan sesering mungkin. Untuk mendapatkan “feels” ayunan, pemain bisa melatih teknik dasar memukul seperti posisi berdiri, memegang stik dengan benar dan posisi tumpuan kaki hingga menemukan gaya pukulan yang terbaik.

Gaya pukulan yang terbaik bisa dirasakan ketika pemain melakukan teknik swing yang tepat. Ambil posisi berdiri tegak atau sedikit menekuk lutut sehingga badan terasa stable. Kemudian angkat stik dengan tangan kanan. Pastikan posisi stik sejajar dengan tubuh Anda dan jangan rubah posisi pegangan tangan.

Gunakan kaki kanan sebagai tumpuan beban dengan lutut kiri agak sedikit ditekuk. Ayunkan stik untuk melakukan drop-off dengan mengarahkannya ke target bola. Pada akhir ayunan, posisi stik akan berada sejajar dengan posisi badan dan kaki kiri yang menjadi tumpuan dengan lutut kanan sedikit ditekuk.

4. Gunakan Kekuatan Tubuh Untuk Melakukan Swing

Pemahaman keliru yang paling sering ditemui di permainan golf adalah jauhnya pukulan bergantung pada keras lemahnya ayunan tangan. Padahal sebenarnya tips bermain golf untuk pukulan yang maksimal bisa dihasilkan dari gerakan serasi sentrifugal putaran badan. Bagi pemain pemula, berlatihlah untuk memaksimalkan pukulan dengan memanfaatkan gaya serasi sentrifugal ini. Dengan menguasai kemampuan ini, pemain golf berbadan kecil sekalipun tetap bisa memukul bola sampai jauh.

Demikianlah artikel kami yang membahas mengenai cara bermain bola golf, terima kasih untuk anda yang sudah membaca.

By ambon

Leave a Reply