Club Sultan Newcastle United Mulai Menawar Pelatih Ajax Dengan Gaji Tertinggi ke 3 di Liga Inggris

Grac-athletisme – Newcastle United tengah mencari pengganti Steve Bruce yang pada 20 Oktober silam resmi tak laga menangani klub. Laporan teranyar mengatakan ada satu sosok yang menjadi target buruan utama dan bahkan, The Magpies bersedia memberikan gaji mahal.

Adalah pria berpaspor Belanda, yakni Erik 10 Hag. Diwartakan Daily Mail, pelatih Ajax Amsterdam itu akan mendapat tawaran gaji sebesar 11 juta poundsterling (sekitar Rp 214 miliar) per tahun.

Jika Erik menerima pinangan Newcastle, dia akan menjadi pelatih dengan bayaran termahal ketiga di Liga Inggris. Saat ini, urutan pertama diisi Pep Guardiola dengan upah 20 juta poundsterling (sekitar Rp 390 miliar) per tahun dan di tempat kedua terdapat pelatih Liverpool, Juergen Klopp dengan bayaran 15 juta poundsterling (sekitar Rp 292 miliar) per tahun.

Sejatinya, gaji selangit yang ditawarkan merupakan sebuah iming-iming agar Erik 10 Hag memilih Newcastle sebagai pelabuhan barunya ketimbang klub lain.

Pasalnya, kubu Manchester United juga tertarik untuk mendatangkan Erik ke Old Trafford sebagai pengganti Ole Gunnar Solskjaer yang gagal membawa The Red Devils meraih hasil memuaskan dalam beberapa pekan terakhir.

Erik sendiri miliki catatan apik saat menukangi Ajax. Menurut Transfermarkt, sejauh 181 laga yang dilakoni, total Erik membukukan 134 kemenangan dan hanya menelan 25 kekalahan.

Selain berhasil mengantarkan Ajax merengkuh dua trofi Liga Belanda (2018/19 & 2020/21), Erik juga sempat membawa Ajax ke semi final Liga Champions musim 2018/19 untuk kali pertama sejak 1997.
Raihan itu tentunya membuat Newcastle United berani menggelontorkan dana besar demi Erik. Terlebih, saat ini Newcastle telah menyandang condition klub kaya raya usai diakuisisi konsorsium yang dipimpin oleh Public Investment Fund (PIF) Arab Saudi.

Diharapkan, kehadiran pelatih baru dapat mengangkat performa Newcastle yang sedang mengalami masa kelam. Hingga pekan ke-9, Jonjo Shelvey dan kolega belum sekalipun meraih kemenangan, bahkan mereka terjerembab di zona degradasi, tepatnya di urutan ke-19 usai baru merengkuh empat poin.

Sementara itu, untuk mengisi pos yang ditinggalkan Steve Bruce, Newcastle telah menunjuk Graeme Jones sebagai pelatih interim.

Graeme Jones telah mulai bertugas pada akhir pekan lalu saat bermain imbang 1-1 dengan Crystal Palace. Diyakini ia akan masih mengemban amanah sebagai juru taktik saat menjamu Chelsea di pekan ke-10, Sabtu (30/10).

By ambon

Leave a Reply