Status Ezra Walian Masih Menggantung - FIN.CO.ID

Grac-athletisme.com – Kesempatan Ezra Walian untuk mengenakan seragam Timnas Indonesia tampaknya akan segera terealisasi. PSSI selaku federasi sepak bola Indonesia telah mengirim administrasi yang kurang dalam proses naturalisasi pemain kelahiran Belanda tersebut.

Sekjen PSSI, Yunus Nusi, menyebut surat yang sudah dikirimkan oleh pihaknya sudah mendapat tanggapan dari FIFA. PSSI juga berharap agar Ezra bisa sesegera mungkin membela skuat Garuda.

” Iya, hari Jumat (11/6) ini kami menerima surat dari FIFA yang ditandatangani oleh Head of Players Standing FIFA, Erika Montemor Ferreira. Kemudian, PSSI langsung merespons kembali melalui surat yang dikirim ke FIFA dan bersyukur FIFA langsung merespons,” ucap Yunus Nusi.

” Dengan proses ini, PSSI berharap agar Ezra dapat segera bermain lagi bersama Timnas Indonesia. Proses administrasi dan pergantian asosiasi Ezra memang membutuhkan waktu dan tidak mudah. Apalagi dirinya pernah bermain bersama Timnas Belanda di kelompok usia U-15, U-16, dan U-17.”

PSSI sangat serius melakukan penelusuran berdasarkan aturan terbaru FIFA terkait alih standing pemain. Kami memberikan bukti-bukti dokumen pendukung yang dapat memperkuat condition Ezra untuk Indonesia. Terakhir kami terima dokumen akte kelahiran bapaknya Ezra,” tambah Yunus Nusi.

Sebelumnya, menjelang kualifikasi Piala Asia U-23 2020, FIFA mengeluarkan surat yang berisi larangan tampil Ezra untuk membela Timnas Indonesia. Ironis mengingat Ezra sudah berada di Vietnam -tempat laga berlangsung- bersama skuat Timnas Indonesia.

“Berdasarkan ‘Laws Governing the Application of the FIFA Statutes’, pemain yang memiliki kewarganegaraan baru hanya boleh satu kali meminta pindah kepada Asosiasi yang bisa memberikannya hak bermain, antara lain, bahwa ‘pada penampilan penuh atau sebagai pemain pengganti pertamanya di laga internasional resmi untuk asosiasinya, maka dia telah memiliki kewarganegaraan dari tim yang diwakilinya tersebut,” tulis surat itu.

By ambon

Leave a Reply