Mengetahui Sejarah, Teknik Dasar, Dan Aturan Main Base Ball

grac-athletisme.com – Baseball atau bisbol merupakan jenis permainan bola kecil. Baseball menjadi salah satu cabang olahraga baru yang dipertandingkan pada Olimpiade Tokyo 2020. Baseball merupakan olahraga yang sangat populer di kawasan Amerika Utara, Amerika Latin, Karibia, dan Asia Timur.

Kompetisi baseball profesional Amerika Serikat dan Kanada yaitu Big league Baseball (MLB) dianggap sebagai kompetisi baseball terbaik di dunia. Menurut Encyclopaedia Britannica, baseball merupakan jenis permainan yang dimainkan menggunakan tongkat pemukul, bola, dan sarung tangan.

Sementara itu, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bisbol adalah olahraga dengan menggunakan bola keras kecil (sebesar bola kasti) dan pemukul, dilakukan oleh dua regu yang masing-masing terdiri atas sembilan orang pemain.

Sejarah Baseball

Mengetahui Sejarah, Teknik Dasar, Dan Aturan Main Base Ball



Seorang perwira Angkatan Darat (AD) Amerika Serikat bernama Abner Doubleday dikenal sebagai penemu olahraga yang dikenal sebagai baseball pada 1839 di Cooperstown, New york city, pada 1839. Namun, dikutip dari situs web History.com, Abner Doubleday yang lahir di New York bagian utara pada 1819 tidak pernah mengakui bahwa ia memiliki hubungan dengan olahraga baseball.

Sebaliknya, Doubleday menjabat sebagai mayor jenderal Union dalam Perang Saudara Amerika dan kemudian menjadi pengacara serta penulis. Sumber yang sama menyebutkan, referensi permainan yang menyerupai baseball di Amerika Serikat berasal dari abad ke-18.

“Nenek moyang” olahraga baseball adalah rounders dan kriket yang berasal dari Inggris. Pada masa Revolusi Amerika, olahraga tersebut dimainkan di halaman sekolah dan kampsu di seluruh negeri. Olahraga ini menjadi populer di kota-kota industri pada pertengahan abad ke-19.

Pada September 1845, sekelompok pria di New York mendirikan klub baseball pertama yakni New york city Knickerbockers. Seorang relawan pemadam kebakaran yang juga pegawai bank, Alexander Delight Cartwright, menyusun beberapa aturan yang kemudian menjadi dasar aturan baseball modern.

Pada 1846, New York Knickerbockers memainkan pertandingan baseball resmi pertama melawan sebuah tim kriket. Hingga kini, baseball menjadi salah satu olahraga paling digemari di Amerika Serikat.

Teknik Dasar Baseball

Dalam permainan baseball, terdapat empat teknik dasar yaitu:

– Teknik Melempar Bola

Seorang pelempar atau pitcher tidak boleh melempar bola secara sembarangan. Cara melempar bola dalam permainan baseball adalah mengayunkan bola dari atas lalu melemparkannya tepat ke arah pemukul (batter).

– Teknik Memegang Tongkat Pemukul

Tongkat pemukul atau bat harus dipegang menggunakan kedua tangan secara erat agar hasil pukulan bisa maksimal.

– Teknik memukul Bola

Pemukul harus bisa melihat secara cepat dari mana arah datangnya bola Selain itu, ia harus mampu memukul bola dengan kuat.

– Teknik Menangkap Bola

Dalam permainan baseball, pemain yang berperan sebagai penangkap bola disebut catcher. Agar bisa menangkap bola yang dilemparkan oleh pitcher, seorang catcher harus menguasai teknik menangkap bola secara baik.

Aturan Dasar Baseball

Dikutip sportskimagazin dari situs internet Policies of Sport, berikut adalah peraturan dasar baseball.

-Permainan baseball dimainkan oleh dua regu, yang masing-masing beranggotakan sembilan pemain. Posisi, peran dan tugas diatur tersendiri oleh tiap regu.

-Permainan berlangsung selama 9 babak. Jika setelah sembilan baba, hasilnya masih seri maka akan diadakan babak tambahan untuk menentukan pemenang.

-Pergantian urutan batter atau pemukul tidak dapat diganti. Kecuali mendapat izin dari wasit, namun batter tersebut harus tetap memukul sesuai urutan pemain.

-Jumlah base pada lapangan baseball adalah empat (4 ). Base diberi nomor berlawanan dengan arah jarum jam, dimulai dari base awal yang disebut home plate, diteruskan dengan base pertama, base kedua, dan base ketiga.

-Jika seorang batter atau pemukul berhasil memukul bola, maka mereka harus berusaha lari secepat mungkin menuju base pertama.

-Setelah seorang batter berhasil memukul bola, mereka secara otomatis menjadi seorang base runner.

-Saat mencapai tiap base, para base runner haruslah menyentuh base dengan beberapa bagian tubuh, misalnya kaki dan tangan.

-Tiap batter atau pemukul mendapatkan hak untuk memukul sebanyak tiga kali. Jika batter gagal memukul bola, maka mereka tetap harus dan diperbolehkan untuk berlari menuju base pertama.

-Saat berada di base, batter bisa dengan bebas berlari ke base berikutnya kapan saja.

-Lapangan bermain baseball terbagi menjadi dua bagian, yakni bagian tengah serta luar lapangan. Pada bagian tengahnya terdapat empat home plate.

-Pada tiap base diberikan garis dasar yang menjadi penanda.

-Pada tiap inning atau babak, setiap regu mendapat giliran untuk memukul bola.

-Pemenang ditentukan berdasarkan jumlah pemain yang berhasil lari.

Demikianlah artikel kami tentang baseball cara bermain dan peraturannya. Terima kasih untuk anda yang sudah membaca artikel kami, untuk anda yang ingin meambah wawasan bisa terus ikuti artikel kami selanjutnya dan untuk anda yang ingin berkomentar bisa mengisi di kolom komentar ya. Cukup sekian dan terima kasih salam sehat untuk anda semua.

By ambon

Leave a Reply