Italia Lolos Masuk 16 Besar EURO 2020

Grac-athletisme.com – Rekor luar biasa diraih Timnas Italia usai mengalahkan Wales dengan skor 1-0 dalam laga terakhir Grup A Euro 2020 di Stadio Olimpico, Roma, Italia, Minggu (20/6) malam WIB. Total, menurut Football Italia, skuad Gli Azzurri kini telah menjalani lebih dari 1.000 menit tanpa kebobolan.

Jadi, pada babak pertama tepatnya menit ke-36 saat melawan Wales, Timnas Italia sudah melewati 1.000 menit tanpa kebobolan. Catatan waktu 1.000 menit itu hampir mendekati rekor yang dipegang oleh Timnas Italia kala gawang mereka masih dikawal Dino Zoff.

Zoff membela Timnas Italia selama 1968– 1983. Ada sebuah periode ketika kiper kelahiran 28 Februari 1942 itu mencatatkan waktu 1143 menit tanpa kebobolan, mulai dari tahun 1972 hingga tahun 1974.

Rekor terbaik kedua pernah diraih oleh Timnas Italia asuhan Azeglio Vicini di tahun 1990. Kala itu, Gli Azzurri mencapai 981 menit tanpa kebobolan, sebelum akhirnya pemain Argentina bernama Claudio Caniggia yang berhasil membobol gawang mereka.

Namun kini, Timnas Italia besutan Roberto Mancini yang gawangnya dikawal Gianluigi Donnarumma di Euro 2020 telah melewati catatan age Azeglio Vicini. Lalu, Zoff sendiri mengakui bahwa dia tidak keberatan jika rekor lamanya terkalahkan.

“Jika rekor saya dikalahkan, saya akan senang. Itu berarti Timnas Italia akan pergi ke Wembley,” kata Zoff, dikutip dari Football Italia.

Kuatnya pertahanan Timnas Italia juga tak terlepas dari bek-bek mereka. Alessandro Bastoni, Leonardo Bonucci, hingga Giorgio Chiellini, dan para pemain lain saling bahu-membahu mengawal gawang Gli Azzurri.

Selain memiliki pertahanan kokoh, Timnas Italia asuhan Mancini sekarang juga telah mencetak 32 gol pada 30 pertandingan dan juga belum terkalahkan. Mereka kuat dalam menyerang dan bertahan.

By ambon

Leave a Reply