Timnas Italia Gagal Langsung ke Piala Dunia 2022, Berikut Selengkapnya

grac-athletisme.com – Penyerang timnas Italia, Andrea Belotti, menilai para striker Gli Azzurri termasuk dirinya menjadi salah satu faktor Azzurri gagal lolos langsung ke Piala Dunia 2022. Timnas Italia dipastikan harus berjuang melalui babak playoff Piala Dunia 2022 Zona Eropa.

Kepastian ini didapat setelah mereka tertahan 0-0 di markas Irlandia Utara, Selasa (16/11/2021) dini hari WIB. Di sisi lain, timnas Swiss menang 4-0 atas Bulgaria. Swiss pun sukses menggusur Italia di puncak klasemen Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa. Swiss mengakhiri Grup C dengan raihan 18 poin, sedangkan Italia yang menjadi runner-up mengoleksi 16 poin.

Situasi yang membuat Gli Azzurri gagal lolos langsung ke Piala Dunia 2022 adalah karena mereka sering tertahan.
Pasukan Roberto Mancini menuntaskan Grup A dengan empat kemenangan dan empat kali diimbangi. Hasil imbang tersebut termasuk dua pertemuan melawan Swiss dengan skor 0-0 di St. Jakob-Park, lalu 1-1 di Olimpico. Raihan satu poin lainnya didapat ketika diimbangi 1-1 oleh Bulgaria, dan terkini 0-0 kontra Irlandia Utara.

Andrea Belotti turut merasakan kekecewaan mendalam atas kegagalan timnas Italia lolos langsung ke Piala Dunia 2022. Lebih lanjut, sebagai striker dia menyesali tak mampu memaksimalkan peluang, khususnya di laga-laga ketika Italia tertahan saat kualifikasi.

“Ada kepahitan dan kekecewaan yang besar, karena kami memiliki peluang lolos melalui kualifikasi, tetapi terkadang situasi dalam sepak bola bisa berubah. Ini sangat mengecewakan,” kata Belotti dilansir dari RAI Sporting activity. “Kami (para striker) harus merasa bersalah atas beberapa momen, tidak hanya hari ini, tetapi juga banyak peluang yang gagal kami konversi melawan Swiss.” “Kami memiliki begitu banyak peluang selama beberapa pertandingan terakhir dan bola tidak mau masuk.”

“Sayangnya, penguasaan bola tidak banyak berarti jika bola tidak masuk ke gawang,” ungkap Belotti.
Demonstrator Torino itu sendiri sempat tak dipanggil dalam tiga pertandingan kualifikasi karena cedera ligament. Sementara itu, Belotti mengatakan faktor fisik dan cedera pemain juga menjadi permasalahan tersendiri untuk Azzurri. Adapun timnas Italia kehilangan 11 pemain karena cedera untuk laga melawan Irlandia Utara.

Pemain-pemain tersebut di antarany pilar kunci seperti Ciro Immobile, Marco Verratti, Giorgio Chiellini dan Lorenzo Pellegrini. “Dalam pandangan saya, sebagian besar masalah kami adalah soal fisik. Kami memiliki begitu banyak pemain yang cedera dan pada dasarnya telah bermain selama dua tahun tanpa henti,”tuturnya.

“Kami harus melakukan banyak perubahan, kehilangan pemain dan memanggil pemain lain. Itu pertanda kami perlu mengisi ulang tenaga dan bersiap untuk bulan Maret (playoff),” jelas demonstrator Torino itu. Rute ke Piala Dunia 2022 melalui babak playoff sendiri lebih sulit daripada di edisi 2018. Pasalnya, sebanyak 12 tim hanya akan memperebutkan tiga tiket sisa lewat playoff untuk menuju Qatar 2022.

By ambon

Leave a Reply